Teman Sejati

Teman Sejati

ONE  DAY  ONE  HADITH
Ahad,  31  Mei  2020 H /  8  Syawal 1441 H


يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.” (HR. Bukhari, no. 6514; Muslim, no. 2960)

Kandungan Hadis 

1. Manusia memerlukan teman, karena seperti yang kita maklumi, manusia dalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri.  Sejatinya, yang menjadi teman manusia itu tidak hanya manusia saja, melainkan ada tiga macam: keluarga, harta dan amal perbuatannya. Ketiga hal ini disebut sebagai teman karena keberadaanya dibutuhkan, di samping tentunya selalu menemani, menyertai dan melekat dengan manusia pada umumnya.

2. Keluarga,  adalah orang-orang yang berada dalam ikatan kekerabatan, masih memiliki hubungan darah, atau disatukan oleh ikatan pernikahan. Yang menjadi inti dari keluarga adalah ayah, ibu, istri/suami dan anak.

3. Harta adalah segala bentuk benda atau materi yang secara hukum diakui secara sah kepemilikannya. Harta dipandang sebagai teman manusia karena keberadaannya dibutuhkan, dicari dan “dapat dimintai tolong” untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.


4. Amal  saleh adalah segala bentuk perbuatan yang dilakukan oleh manusia dalam keadaan sadar serta memenuhi syarat kecakapan secara hukum (mukallaf atau tertaklif hukum). Amal atau perbuatan manusia akan berakibat secara hukum. Karenanya dalam hukum agama kita mengenal dua macam amal; amal baik dan amal salah (amal saleh dan amal buruk). Amal baik akan dibalas dengan pahala, sedangkan amal buruk dibalas dengan siksaan atau azab.

5. Teman sejati adalah amal kebaikan yang selalu menemani kehidupan manusia bahkan sampai pada kehidupan akhirat. Karena apapun kebaikan yang dilakukan seseorang, maka akan dibalas kebaikan, sesuai pesan Allah dalam QS Ar Rahman :60.

هل جزاا الحسنى الا الحسنى

Tidaklah kebaikan kecuali akan dibalas kebaikan.

6. Rasulullah SAW bersabda

اذا مات الانسان انقطع عمله الا من ثلاثة من صدقة جارية او علم ينتفع به او ولد صالح يدعوله

Ketika wafat seorang anak manusia, putuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga hal, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat atau anak salih yang mendoakan orang tuanya.(HR. Muslim)

7. Dalam kehidupan yang sangat singkat ini, bagi kaum beriman sebaiknya menumpuk-numpuk amal saleh, karena ia yang akan menemani hingga akhirat. Kegagalan dalam dalam memproduksi amal saleh merupakan kerugian yang tidak bisa ditebus dengan aapapun karena tidak ada oarang yang bisa mengulang sesuatu yang telah berlalu.


from Optimasi Dakwah .Net

Teman Sejati

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2020/06/teman-sejati.html Teman Sejati

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi