Mohon Diperbaiki Segala Urusan

Mohon Diperbaiki Segala Urusan

ONE DAY ONE DOA
Senin, 26  AGUSTUS 2019 M / 24  Dzulhijjah 1440 H

Dr. Ajang Kusmana
(Tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur)

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAHUMMA LA SAHLA ILLA MA JA’ALTAHU SAHLA, WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZA SYI’TA SAHLA
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
Doa ini disebutkan oleh Ibnu Sinni dalam kitabnya Amalul wal Lailah, Ibnu Hibban dalam kitabnya Shahih Ibnu Hibban dan Imam Nawawi dalam kitabnya Alazkar. Sumber doa ini dari sahabat Anas bin Malik dan berstatus sebagai hadis sahih.
Dalam  konteks lain terdapat dao untuk minta kebaikan dunia sekaligus akhirat
اَللَّـهُـَّم أَصْلِحْ لِي دِينِي الّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ
ALLAHUMMA ASHLIHLII DIINIILADZI HUWA ‘ISHMATUN AMRII WAASHLIHLII DUNYAALATII FIIHAA MA’ASYI, WA ASHLIHLII AKHIRATIILATII FIIHAA MA’ADII, WAJ’ALILHAYATA ZIYADATAN LII FII KULLI KHAIR, WAJA’LILMAITA RAAHATAN LII MIN KULLI SYARR

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku.”

Kesulitan tidak jarang menghampiri kehidupan seseorang, keluarga, atau kelompok orang. Kesulitan yang dihadapi setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang sulit masalah ekonomi, kesehatan yang kurang baik, belum diberikan keturunan, keluarga dilanda konflik, hubungan antar kolega agak merenggang, salah paham, dan lain sebagainya.
Orang beriman tidak akan lepas dari tiga keadaan yang merupakan tanda kebahagiaan baginya, yaitu bila dia mendapat nikmat maka dia bersyukur, bila mendapat kesusahan maka dia bersabar, dan bila berbuat dosa maka dia beristighfar.
Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Bagaimanapun keadaannya, dia tetap masih tetap dalam kebaikan dan bisa meraih pahala yang banyak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

Dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu, “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.”

(HR. Muslim, no. 2999).



from Optimasi Dakwah .Net

Mohon Diperbaiki Segala Urusan

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/08/mohon-diperbaiki-segala-urusan.html Mohon Diperbaiki Segala Urusan

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi