Muslim Yang Baik

Muslim Yang Baik

ONE DAY ONE HADITS

Sabtu,  20 Juli 2019 / 17 Dzulqadah 1440

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976).

Kandungan Hadits

1. Tanda baiknya seorang muslim adalah meninggalkan yang mubah. Perkara mubah adalah sesuatu yang dibolehkan, yaitu perbuatan yang tidak berdampak pada pahala ataupun dosa.Muslim yang baik akan berprinsip segala gerak harus menuai pahala sekecil apapun itu. 

2. Muslim yang baik meninggalkan perkara yang yang syubhat dan perkata yang makruh, begitu pula berlebihan dalam hal mubah yang sebenarnya ia tidak butuh. Meninggalkan hal yang tidak bermanfaat semisal itu menunjukkan baiknya seorang muslim. 

3. Muslim yang baik adalah iman yang kokoh. Sebab, iman ini merupakan modal untuk menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Sedangkan ketakwaan merupakan  realisasi dari keimanan. "Sebab, ketika takwa, orang akan selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya," katanya.

4. Muslim yang baik menyadari bahwa dirinya merupakan hamba Allah SWT, bukan hamba yang lainnya. Dalam hal ini, umat harus tahu bahwa kita diciptakan semata-mata untuk beribadah dan menyembah Allah SWT. Jadi, mulai dari bangun tidur sampai malam tiba, semua perbuatan dan ucapan kita harus diprioritaskan untuk Allah SWT.

5. Muslim yang  baik adalah yang bias menjaga sikap dan tutur katanya. Tentang keutamaan menjaga lisan ini diterangkan dalam ayat berikut yang menjelaskan adanya pengawasan malaikat terhadap perbuatan yang dilakukan oleh lisan ini. Allah Ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ (16) إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (17) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (18)

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS. Qaaf: 16-18). Ibnu ‘Abbas mengatakan, “Yang dicatat adalah setiap perkataan yang baik atau buruk. Sampai pula perkataan “aku makan, aku minum, aku pergi, aku datang, sampai aku melihat, semuanya dicatat. Ketika hari Kamis, perkataan dan amalan tersebut akan dihadapkan kepada Allah” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 13: 187).
Dalam hadits Al Husain bin ‘Ali disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ قِلَّةَ الْكَلاَمِ فِيمَا لاَ يَعْنِيهِ

“Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah mengurangi berbicara dalam hal yang tidak bermanfaat”

(HR. Ahmad 1: 201).



from Optimasi Dakwah .Net

Muslim Yang Baik

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/07/muslim-yang-baik.html Muslim Yang Baik

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi