Ashabiyah

Ashabiyah

ONE DAY ONE HADITS

Kamis, 28 Maret 2019 M / 21 Rajab 1440 H

عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ مِنَّا مَنْ دَعَا إِلَى عَصَبِيَّةٍ وَلَيْسَ مِنَّا مَنْ قَاتَلَ عَلَى عَصَبِيَّةٍ وَلَيْسَ مِنَّا مَنْ مَاتَ عَلَى عَصَبِيَّةٍ

Dari Jabir bin Muth’im, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukan termasuk golongan kami orang yang mengajak kepada ashabiyah, bukan termasuk golongan kami orang yang berperang karena ashabiyah dan bukan termasuk golongan kami orang yang mati karena ashabiyah.”

[HR. Abu Dawud No.4456].

Kandungan hadits

1. Ashabiyah/hizbiyyah (fanatisme golongan),
adalah fanatik buta. Bersikap membela dan mengikuti pihak yang dianggap benar menurut ukurannya, baik pihak tersebut benar ataupun salah tetap dibela dari merasa bagiannya.

2. Seseorang membela kebenaran, karena Kebenaran tersebut  dasarnya jelas al-Quran dan Sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam. Tidak boleh membela pihak yang salah dan menyimpang dan Al Quran dan as Sunnah, meski orang tersebut satu suku, satu bangsa, saudara dan atau orang dekat.

3. Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Kaum muslimin sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya karena perkataan yang lainnya.”
(Madarijus Salikin, 2: 335)

4. Perilaku ashabiyah akan nampak ketika menolak kebenaran  yang bukan dari pimpinan atau kelompoknya. Jika diberi masukan akan
sulit menerima, lebih-lebih nasihat dan kritikan bukan berasal dari kelompoknya. Jika ada kekeliruan dalam kelompoknya …
anggotanya membela mati-matian tanpa alasan dan dalil yang tepat.

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

مِنَ الَّذِيْنَ فَرَّقُوْا دِيْنَهُمْ وَكَا نُوْا شِيَعًا ۗ كُلُّ حِزْبٍ بِۢمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُوْنَ

"yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka."

(QS. Ar-Rum 30: Ayat 32)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ (208)

“Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.”

(Qs. Al-Baqarah: 208)



from Optimasi Dakwah .Net

Ashabiyah

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/03/ashabiyah.html Ashabiyah

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi