Meluruskan Shaf Shalat

Meluruskan Shaf Shalat

ONE DAY ONE HADITS

Senin,  26 Februari  2019 M / 21 Jumadil Akhir 1440 H .

عن أَبي عبدِ الله النعمان بن بشير رَضيَ الله عنهما، قَالَ: سمعت رَسُول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ((لَتُسَوُّنَّ صُفُوفَكُمْ، أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللهُ بَيْنَ وُجُوهِكُمْ)). مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
وفي رواية لمسلم: كَانَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم يُسَوِّي صُفُوفَنَا حتى كأنَّما يُسَوِّي بِهَا القِدَاحَ حَتَّى إِذَا رَأَى أَنَّا قَدْ عَقَلْنَا عَنْهُ. ثُمَّ خَرَجَ يَومًا فقامَ حَتَّى كَادَ أنْ يُكَبِّرَ فرأَى رَجلًا بَاديًا صَدْرُهُ، فَقَالَ: ((عِبَادَ الله، لَتُسَوُّنَّ صُفُوفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللهُ بَيْنَ وُجُوهِكُمْ)).

Dari Abu Abdillah yaitu an-Nu'man bin Basyir radhiallahu 'anhuma, katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda:

"Hendaklah engkau semua benar-benar meluruskan shaf dalam shalat, atau kalau tidak,   Allah akan memperselisihkan, atau akan memasukkan rasa permusuhan, saling benci-membenci dan berselisih pendapat."

(Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan:

"Rasulullah s.a.w. merapatkan shaf, seolah-olah meratakan letaknya anak panah, sampai-sampai beliau meyakinkan bahwa kita semua telah mengerti betul-betul akan meratakan barisan itu. Selanjutnya pada suatu hari beliau keluar - untuk shalat,  kemudian berdiri sehingga hampir-hampir beliau akan bertakbir. Tiba-tiba melihat ada seorang yang menonjol dadanya - agak ke muka sedikit dari barisannya - lalu beliau bersabda:

"Hai hamba-hamba Allah, hendaklah engkau semua benar-benar meratakan shafmu, atau kalau tidak suka, Allah akan mempertentangkan diantaramu."

Kandungan hadits

1- Ketika shalat jamaah hendaklah meluruskan shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian Keutamaan dan kesempurnaan shalat.

2.Orang yang tidak peduli dengan rapat dan lurus shaf akan kehilangan kesempurnaan shalat, dalam hal ini Imam shalat punya tanggung jawab yang besar untuk meluruskan shaf tersebut.

3. Perhatian Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam terhadap lurusnya shaf shalat ditunjukkan dengan menghadap jamaah sebelum memulai takbiratul ihram karena untuk melihat apakah shaf shalat sudah rapat dan lurus.

4. Suatu ketika nabi menegur salah satu makmum yang dadanya terbusung, untuk menyamakan posisinya dengan kanan-kirinya, dengan menyampaikan opsi bila tidak lurus, maka Allah Subhanahu wata'ala akan menjadikan perselihan diantara  lalia

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ 

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku.

(Al-Baqarah: 43)



from Optimasi Dakwah .Net

Meluruskan Shaf Shalat

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/02/meluruskan-shaf-shalat.html Meluruskan Shaf Shalat

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi