Keutamaan Jujur

Keutamaan Jujur

ONE DAY ONE HADITS

Kamis,  1 Maret 2019 M / 23 Jumadil Akhir 1440 H .

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

Dari Abdullah ra dari Nabi SAW,   "Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga. Sesungguhnya jika seseorang yang senantiasa berlaku jujur dia akan menjadi orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan membimbing kepada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu akan memandu ke neraka. Dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berbohong maka dia akan menjadi sebagai seorang pembohong."

(HR Bukhari No: 5629)

Kandungan hadits

1.  Jujur terdiri dari lima huruf dan hanya satu kata, tetapi dampaknya dahsyat bila kata tersebut disematkan pada seseorang atau instansi tertentu.

2.  Kejujuran tidak akan mengakibatkan kecuali hanya kebaikan, telah tercatat sekian kota atau negara yang dikategorikan jujur telah menuai hasil, berupa negara makmur dan tingkat korupsi nya nyaris NOL. Seperti Helsinki, Denmark, Selandia Baru, Qatar, Jepang, dsb.

3.  Kejujuran bila dibawa di skope terkecil, yaitu rumah tangga, maka keberkahan, rahmat  dan kesejahteraan selalu meliputinya. Olehkarena itu dari rumah 4 X 5 meter persegi keluar kata baiti Jannati, karena penghuninta  bersifat jujur.

4.  Orang yang istiqamah dan biasa melakukan sesuatu dengan jujur, akan tercatat sebagai orang jujur yang senangi, dipilih, dan dipercaya oleh pihak lain. Singkatnya, kejujuran modal kebahagiaan hidup dunia terlebih lagi akhirat.

5.  Pendusta tidak akan bertambah kecuali sempit dan susahnya hidup, dusta  memandu kepada keburukan dan maksiat. Dua karakter tersebut adalah modal utama kegagalan seseorang dan kelompok orang.

6. Orang yang biasa berdusta akan kekal menjadi seorang  pendusta, sulit masyarakat menghapus catatan hati akibat kedustaannya. Kedustaan menjadi modal utama kesempitan dan kesusahan hidup dunia terlebih akhirat.

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ

Artinya: Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta.

(Q.S. An-Nahl: 105)



from Optimasi Dakwah .Net

Keutamaan Jujur

from Berkah Ramadhan http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/02/keutamaan-jujur.html Keutamaan Jujur

Comments

Popular posts from this blog

Makna Khotam Sulaiman

Kumpulan Foto Masa Muda Guru Zaini Sekumpul

Peristiwa 27 Juli: Konflik Para Jenderal AD, lalu Merapat ke Jokowi